Cute White Flying Butterfly Lia Selviana: Sabil Lulus ASI

April 30, 2022

Sabil Lulus ASI

Ramadan kali ini bisa puasa dengan tenang, karena sudah gak menyusui Sabil lagi. Tahun kemarin subhanallah sekali puasa sambil menyusui. Hehe. Menyapih anak itu susah-susah gampang ya mom, pengalaman setiap ibu mungkin bakal beda, ceritanya tak akan sama. Kalau Sabil begini trik andalannya.
 
Jadi tanggal 20 Desember 2021 itu umur Sabil genap 2 tahun, yang artinya mau gak mau aku harus mulai menyapihnya. Gak juga ditanggal pas dia lagi ulang tahun dong ya, aku nunggu sampai akhir tahun, alias tanggal 31 Desember 2021. 

Malam tahun baru itu adalah malam pertama Sabil tidur tanpa nen. Dari tidur siang udah gak nen, sebelum tidur juga aku kasih tahu kalau nanti kebangun dan haus minumnya air putih atau susu kotak, dia ngangguk "iya".

Dan ternyata benar, dia baru tidur siang sejam kebangun tapi gak bilang apa-apa langsung tidur lagi. Namun pas bangun lagi dia nangis, aku tawarin dia susu kotak, dan mau. 

Malamnya sebelum tidur aku bikinin susu formula dan aku suruh tiduran disamping aku, eh beneran bisa tidur. Malam-malam biasanya Sabil itu tidurnya jam 9-an, dan pas hari pertama disapih dia bisa tidur jam 10. Not bad lah ya, karena dia udah kehilangan pengantar tidurnya.

Lalu apa malamnya gak minta nen? apa gak nangis? ya tentu minta dong, kalau langsung bener-bener lupa mah anak ajaib. Kalau dia nangis langsung aku gendong, kalau masih nangis terus aku tawarin air putih atau susu kotak.

Jika malam sebelum disapih Sabil bisa kebangun minta nen 3-4 kali sampai dia benar-benar mau bangun, nah pas mulai disapih cuma bangun sekali atau dua kali aja. Kadang pas aku masih melek dan dia kebangun, dia langsung merem lagi. Kalau sebelum disapih mah langsung minta nen.

Mungkin dalam hatinya "ngapain aku bangun udah gak nen juga", gitu kali ya. Itu artinya dia ngerti dan paham udah gak perlu bangun-bangun lagi pas tidur. Jadi aku mikirnya waktu tidur Sabil malah jadi lebih efektif, dia gak mikir untuk bangun-bangun lagi.

Lalu untuk mensiasati pas Sabil minta nen dijawab apa?

Seperti triknya mbah-mbah jaman dulu, nen nya aku kasi plester, dan aku bilang lagi sakit. Kalau Sabil bilang mau lihat ya aku tunjukin, mau pegang ya aku kasih. Intinya gak aku larang-larang biar dia juga paham dan gak semakin penasaran.

Menurut cerita-cerita orang biar anak cepet bisa disapih disuruh tidur aja sama ayahnya atau mbahnya, namun aku punya pendapat lain, menurut aku anak kita itu sudah kehilangan hal yang bikin dia nyaman lho, jadi jangan sampai kehilangan ibunya juga. Karena selama ini tidur ditemani nen ibunya, kalau nen nya hilang harusnya ibunya jangan. Oleh karena itu aku tetap tidur dekat Sabil, tatap peluk dia.

Kalau orang daerahku sini biasanya menyapih anak itu harus ke dukun bayi atau kiayi gitu. Tapi Sabil enggak, sempat mau pergi tapi ayahnya Sabil bilang nggak perlu, ya sudah manut aja sama pak suami.

Dari sebelum tiba waktunya disapih aku udah sering ngobrolin ini sama Sabil, karena sounding itu memang ngaruh banget. Aku sering bilang sebelum tidur nanti kalau Sabil udah ulang tahun kedua, Sabil udah gak nen lagi, kalau mau minum boleh minta air putih, susu gelas atau susu kotak. Yah seperti anak-anak yang lain, dia ngerengek gak mau. Gak masalah, pokoknya tiap ada kesempatan aku selalu coba ngobrolin itu sama Sabil.

Gak cukup sampai disitu, baru 5 hari disapih Sabil sakit, demam + batuk pilek. Rewel sudah pasti, minta nen ya jelas dong, sampai ayahnya gak tega dan nyuruh aku kasih nen lagi. Tapi sekali mulai menyapih ya apapun godaannya terjang saja, konsisten sama niat awal. Karena menyapih itu kan bukan hanya tentang anak mulai gak nen lagi, tapi bagi ibu berat juga lho, harus kuat dan dapat dukungan.

Alhamdulillah sekarang udah berhasil dan kalau ditawarin nen auto bilang gak mau. Meski kadang pas nangis Sabil kelepasan ngomong nen, tapi itu hanya reflek, kalau ditawarin ya gak mau. Sekarang pun sudah punya jam dan pengantar tidur yang tetap, jam 8 malam minum susu lalu gosok gigi, kemudian baca cerita lalu tidur deh. Kadang gak baca cerita juga langsung bobok sendiri kalau udah ngantuk berat.

Udah sih gitu aja ceritanya, pengalaman menyapih Sabil tidak seberat memulai MPASI.

1 comment:

Bang Day | Bede said...

Selamat selamat sdh berhasil nyapih