Cute White Flying Butterfly Lia Selviana: Dua Tips yang Ingin Aku Coba dalam Blogging

April 12, 2022

Dua Tips yang Ingin Aku Coba dalam Blogging

Meskipun aku nulis blog sudah sejak jaman kuliah, tapi bagiku aku masih blogger pemula. Aku tidak pernah benar-benar belajar bagaimana menjadi blogger yang baik dan benar. Aku cuma sekedar nulis apa yang aku sukai saja. Padahal ada banyak tips blogging yang harus aku pelajari dan aku coba.



Memang benar tujuan aku ngeblog hanya untuk berbagi cerita yang akan kubaca sendiri nantinya. Namun kalau sudah nulis di tempat terbuka dan bisa diakses semua orang, mau tidak mau ya pasti bakal ada yang baca.

Oleh karena itu, ada dua tips blogging yang ingin aku coba saat ini, yaitu:


Bikin tampilan visual yang menarik


Pepatah yang mengatakan "jangan menilai sesuatu dari covernya" itu memang benar. Tapi kalau sebuah artikel covernya kurang menarik, orang juga tidak tertarik. Cover menurut aku sama pentingnya dengan judul, sebuah penentu orang mau baca atau tidak artikel kita. 

Selama ini aku selalu pakai foto jepretan kamera, kadang bagus kadang sembarangan. Karena aku punya prinsip dalam blogku usahan pakai foto sendiri, jadi sebisa mungkin tidak mengambil foto dari Google, walaupun ada beberapa artikelku yang pakai foto dari Google, tapi itu beneran kepepet dan hanya beberapa saja.

Yang ingin aku pelajari adalah bikin cover ilustrasi, jadi gak melulu hasil jepretan kamera. Sudah baca beberapa trik mudah bikin ilustrasi sederhana, salah satunya dengan Canva, namun ternyata aku belum berhasil juga. Aku selalu kagum sama mereka yang cover artikelnya dari ilustrasi. Keren banget lho kalian, imajinasiku gak sampai untuk gambar ilustrasi. hihi


Konsisten dalam Menulis


Tips menulis blog yang kedua yang pengin aku coba adalah konsisten. Ini susah banget bagiku, karena aku tipe nulis blog santuy, tujuannya juga bukan monetisation, jadi ngeblog ya suka-suka. 

Tapi meskipun kontennya suka-suka, aku tetap ingin konsisten nulis blog. Karena sebenarnya setiap hari pun selalu ada cerita yang bisa dicatat. Semoga bisa selalu meluangkan waktu sedikit untuk mengabadikan cerita lewat tulisan nantinya, setelah melewati blog challenge BPN ini.

No comments: