Cute White Flying Butterfly Lia Selviana: Drama Memulai MPASI

July 21, 2020

Drama Memulai MPASI

Ya bulan Juni lalu adalah 6 bulan usia Sabil. Artinya pada bulan itu pula Sabil memulai perjuangan barunya; MPASI. Ya drama memulai MPASI dimulai.
memulai MPASI
(mamam disuapin mbah uti)

Namun sejak awal bulan Juni, ibu nya ini udah mulai drama banget. Entah ya, mikirin MPASI bisa bikin pusing lho. haha. Sampai nontonin YouTube nya dokter-dokter dan membaca artikel-artikel seputar MPASI.

Yang bikin ketawa lagi sampe bikin WhatsApp Grup yang isinya tiga orang doang, yaitu mereka temen kuliah yang kebetulan anaknya udah lebih dulu MPASI. wkwk

Ternyata memberi MPASI pada bayi itu benar gak gampang seperti dugaanku gais. Tapi kembali lagi setiap bayi pasti memiliki pengalaman yang beda-beda ya. Beruntung jika anak bunda gampang banget makannya.

Jadi aku mulai mengenalkan Sabil MPASI itu umur 6 bulan kurang seminggu. Waktu itu sempat ragu nunggu genap 6 bulan atau tidak. Tapi keputusan yang aku ambil itu sudah hasil dari berbagai pertimbanganku, suami dan juga ibu mertua.

Pertama kali ngasih makan Sabil, aku ngasih Sabil buah pepaya. Nah karena kebetulan waktu itu dirumah cuma ada buah pepaya, ya udah coba tak kasih puree pepaya campur ASIP. Jreng-jrenng gimana reaksi Sabil? dilepeh. Oke aku gak maksa karena ini baru belajar. Nyoba puree pepaya dua hari, hasilnya sama saja.
Memulai MPASI
(Buan naga+pisang)

Oh ya aku baca referensi katanya pencernaan bayi itu kebalikan dari orang dewasa, jadi kalau makan tinggi serat akan bikin bayi sembelit. Jadi gak boleh ngasih banyak-banyak makanan tinggi serat pada bayi.
Lalu kami memutuskan untuk nyoba bubur sereal instan merk Cerelac. Yang beli ibu mertua, dia milih rasa beras merah. Gimana reaksi Sabil? masih sama saja. Dia mau ngebuka mulut kalau disodorin sendok depan mulutnya, tapi seteah sampe lidah langsung dilepeh. Ya dari satu sendok kecil saat disuapin itu paling hanya masuk beberapa tetes aja. 

Setelah nyoba Cerelac dan pepaya belum berhasil, suami aku beliin buah alpukat. Jreng akhirnya Sabil mau. Sumpah seneng banget. Sempat kepikiran tau aja ini bocah buah murah dan buah mahal. wkwk. Namun drama tidak berhenti sampai situ sodaraku.

Sabil mau makan buah alpukat hanya sehari doang, setelahnya sama kayak sebelum-sebelumnya. Selama nyobain camilan alpukat, pas sarapan tetep dicobain Cerelac, meski hanya mau beberapa saja, tapi tetep ada yang masuk ke perut. Buktinya pup nya Sabil berubah warna, tekstur dan baunya.

Akhirnya genap juga umur Sabil 6 bulan. Lalu aku nyoba masakain sendiri, karena ini sudah waktunya dia beneran makan mpasi. Berkat ilmu-ilmu yang aku baca dari internet, aku bikin menu pertama buat Sabil.

Aku masak pakai slow cooker, di kadoin sama tante Ulan, sobat baik aku. Merk nya Baby Safe yang warna hijau. Karena mereka punya tiga warn ( biru, hijau dan pink) yang memiliki fitur beda-beda namun fungsinya sama. Enak banget pakai slow cooker, malam-malam biasanya semua udah aku siapin di mangkuk dan taruh kulkas, pagi bangun tidur langsung masukin ke slow cooker dan ditinggal ngurusin tetekbengek lainnya.

Selama sebulan ini, bubur selalu di blender dan  disaring. Dan alhamdulillah Sabil mau, tapi hanya sehari doang sodara, besoknya dilepeh-lepeh lagi. Untung ini dibantuin ibu mertua, kalau tidak mungkin hamba sudah menyerah.

Belum juga tau menu apa yang disukai Sabil, dia terserang flu sampai kadang-kadang demam gitu, ya kita kalau lagi gak enak badan makan pasti juga gak enak ya kan. Sabil pasti juga begitu. Namun tiap pagi (bangun tidur banget) aku tetap masakin Sabil dengan penuh cinta. Lalu yang berjuang nyuapin kadang ibu mertua kadang aku sendiri.
Memulai MPASI
(Extra Virgin Olive Oil Casa di Olivia)

Selama seminggu sejak umur Sabil 6 bulan, menu Sabil hampir sama, prohe tetap, hanya berubah sayur dan prona. Selama percobaan seminggu itu, ada suatu hari aku lupa gak masukin EVOO ke buburnya Sabil, dan dia mau dong makan, habis lumayan banyak. Oke satu masalah aku kira terpecahkan. Akhirnya hari berikutnya itu aku gak kasih EVOO. Namun ternyata aku kena prank sodara, sama saja Sabil gak mau makan lagi.

Kemudian minggu kedua aku cobain gak pakai salmon, karena kebetulan belum nyiapain prohe yang lainnya, jadi aku kosongin. Taraaa Sabil mau makan dong. Akhirnya satu masalah terpecahkan. Selanjutnya prohe aku kosongin dulu karena mungkin Sabil gak suka sama yang eneg-eneg gitu. 

Masalah flu belum sembuh eh ditabah Sabil sembelit, sampai 5 hari baru bisa pup. Tentu sebagai ibu khawatir banget dong ya (ane yang kasih makan tentu ini gara2 ane dong ya). Lalu aku baca-baca untuk mengatasi bayi sembelit, dan lihat story IG nya teteh Gladies, disana dia sharing seputar MPASI anaknya.

Nah dari sana aku menemukan produk Interlac, suplemen makanan yang fungsinya untuk melancarkan pencernaan dan juga menambah imun (ntuk lengkapnya bisa Googling sendiri ya). Tapi ya tapi, ini harganya lumayan mahal bagi kantongku, Rp 250.000 hanya untuk 5 ml. Sumpah waktu itu duitnya udah mau dipakai untuk repurchase SBM Snail Truecica Miracle Repair Serum, akhirnya ketunda demi beli itu suplemen.
Suplemen makanan interlac
(food suplemen interlac)

Sampai akhirnya menuju umur 7 bulan kurang sepuluh hari, Sabil mulai lahap makan. Aku tidak tau persis masalah yang bikin Sabil susah makan sebelumnya. Yang jelas pada minggu ini Sabil udah nggak flu, BAB lancar dan juga belum ngasih prohe di masakan.

Oh ya, karena udah dicoba salmon dan daging sapi nggak mau, akhirnya dagingnya aku coba bikin kaldu (tentu ini berkat nontonin yutub bundaaaa). Dan alhamdulillah Sabil mau, karena nggak terlalu bau seperti dagingnya.
Tentu aku masak tanpa gula dan garam ya, tapi aku selalu nambahin aroma setiap masakin Sabil, yaitu bawang putih, bawang merah, daun salam, seledri, ketumbar, dan daun bawang. Seledri, bawang merah dan bawang putih selalu ikut aku blender, tapi kalau yang lain enggak. Oh iya aku selalu pakai panduan aplikasi TheAsianparent untuk melihat kandungan-kandungan dalam buah/sayuran yang akan aku kasih ke Sabil.
Memulai MPASI
(kaldu ayam sebelum di simpan di freezer)

Disana lengkap banget ya, termasuk makanan itu boleh atau tidak dikonsumsi oleh bayi atau baru boleh setelah bayi umur berapa bulan gitu. Di sana juga bisa saling sharing dengan bunda-bunda lainnya. Selain itu juga ada resep-resep bubur untuk baby.

Kesimpulan dari sebulan drama memulai MPASI ini adalah, Sabil mudah banget bosan sama makanan, jadi aku harus ganti-ganti menu. Untuk sementara belum ngasih bubur instan lagi ke Sabil, selalu aku masakin sendiri. Selain menu yang mempengaruhi selera makan Sabil, ternyata mangkuk dan sendok juga harus ganti-ganti sodara.

Dan setelah sebulan sudah lebih paham kapan waktu yang tepat ngasih makan Sabil. Karena ngasih makan saat Sabil udah ngantuk atau keburu laper banget dia gak bakal mau. Untuk sarapan setengah jam setelah bangun pagi, untuk camilan siang tergantung bangun nya Sabil antara jam 10 sampai jam 11 siang. Kalau dia tidur lagi berarti ngasih makan lagi setengah jam setelah dia bangun antara jam 2-4 sore.
(menu makan sabil 1 hari, 2 kali makan, 1 camilan)

Aku gak tau itu sudah ideal apa enggak jadwal makannya, tapi yang ampuh di Sabil ya begitu. Selama sebulan ini sekali makan Sabil habis 2-3 sendok makan orang dewasa. Aku selalu ngasih takaran 3 sendok, kalau habis ya syukur kalau gak habis ya gak maksa, karena mungkin dia sudah kenyang.

Oh ya ternyata emang makan pagi nya Sabil itu selalu lebih sedikit porsinya dibanding makan sore. Kalau pagi hanya kadang-kadang saja bisa habis 3 sendok, tapi kalau sore sering banget bisa habis.

Untuk menu karbohidrat nya aku lebih sering pakai ubi, kentang, nasi putih. Ubi paling sering karena teksturnya bisa halus banget cocok buat MPASI usia 6 bulan, selain itu kalau pakai ubi atau kentang buburnya jadi ada rasanya. Nasi putih kayak hanya selingan, karena kalau teksturnya agak kasar Sabil belum mau, mungkin akan aku coba pelan-pelan mulai bulan kedua ini.

Untuk menu protein hewani aku skip dulu untuk sebulan ini, nanti akan dicoba sedikit-sedikit pada bulan berikutnya, kalau protein nabati kadang pakai buncis, tahu, kacang panjang. Sedangkan untuk sayur-sayuran aku biasa pakai tomat, sawi hijau, sawi putih, pok coy, labu siam, wortel, bayem, brokoli, kembang kol.

Memulai MPASIMemulai MPASI

Untuk buahnya selama sebulan ini Sabil baru nyoba buah jeruk manis, buah naga, alpukat, pepaya, pisang ambon, yang paling disukai jeruk manis. Kadang-kadang aku mix, buah naga + pisang ambon, pepaya + buah naga, buah naga + alpukat, pisang ambon + jeruk manis.

Sepertinya sudah segini aja dulu, walaupun sebenarnya masih banyak yang belum ketulis seputar drama ini. Semoga ini hanya terjadi pas sebulan awal aja, semoga bulan-bulan berikutnya Sabil tetap lahap makan. Semoga bunda-bunda bisa mengambil pelajaran dari tulisanku yang ribet ini. Dan semoga anak kita selalu sehat dan para bunda juga tetap waras. 

1 comment:

ASTraveller said...

Salam kunjungan dan follow disini ya :)