Cute White Flying Butterfly Lia Selviana: Ngeblog Jadi Lebih Menyenangkan Pakai Aplikasi Blogger

September 19, 2019

Ngeblog Jadi Lebih Menyenangkan Pakai Aplikasi Blogger

Bagi yang suka nulis blog pasti sering ngalamin tiba-tiba muncul ide saat di jalan, saat main sama teman, saat lihat sesuatu atau apapun yang itu posisi kita sedang tidak di depan laptop atau komputer.
ngeblog pakai aplikasi blogger

Jika dulu aku sering nulis ide tersebut dalam buku catatan kecil yang selalu ada di dalam tas. Namun kalau aku perginya gak bawa tas ternyata masih suka muncul itu ide, jadi hasilnya nulis di note hp.



Namun sejak dua tahun yang lalu, aku baru tahu kalau Google ternyata nyediain aplikasi Blogger buat Android (untuk iOS aku kurang tau).  Nah sejak itu lah aku sering nyimpan draft tulisan disana. Kalau dikit-dikit ide muncul langsung buka aplikasi tersebut.
ngeblog pakai aplikasi blogger
(ini aplikasinya)
Aplikasi ini ringan banget, tapi sayang entah kenapa aplikasi ini gak di upgrade-upgrade. Jadi masih kayak itu-itu saja dari dulu sampai sekarang.

Tapi namanya juga aplikasi buatan, jadi ada lebih dan juga kurangnya. Di aplikasi ini aku ngerasa susah bahkan belum pernah bisa upload gambar, dan lewat aplikasi ini kamu juga tidak bisa kustomisasi URL, yang padahal itu penting banget buat para blogger ya kan.


ngeblog pakai aplikasi blogger
(nah gambarnya tuh muncul hitam doang dan pas dipaksa publish akan gagal)
Jadi biasanya aku pakai aplikasi ini hanya untuk nulis draft saja. Kemudian publish nya tetap menggunakan laptop atau komputer. Lah tambah ribet dong harus dua kali?

Ya menurutku aku enggak dong, karena kemana-mana bawa laptop itu jauh lebih berat dibanding bawa ponsel aja, ya kan? kalau buat aku yang penting ada tempat untuk menulis ketika tiba-tiba ide tulisan itu muncul.
ngeblog pakai aplikasi blogger
(ini tampilan list artikel yang udah aku pubish)
Kalau nulis di note hp kita harus nulis ulang lagi pas ketemu laptop, begitu juga kalau nulis di buku catatan, tapi kalau pakai aplikasi Blogger, kamu tinggal ngelanjutin apa yang sudah kamu tulis disana, jadi itu selangkah lebih mudah dong.

Meski masih belum sempurna, tapi menurutku aplikasi ini sangat membantu untuk para Blogger yang ingin lebih rajin nulis blog.
ngeblog pakai aplikasi blogger
(ini bagian dalam artikel yang udah di publish)
Aku belum nyari sih apakah ada aplikasi Android lain untuk ngeblog yang lebih mudah dari Blogger ini, yang bisa langsung publish tanpa harus benerin tulisan lewat laptop atau komputer dulu. Tapi bagi aku cek ulang tulisan lewat laptop itu juga perlu, karena nulis pakai ponsel kan sering typo, jadi sebelum publish bisa sekalian di cek tulisan-tulisan itu.

Itu aja sih, kalau berdasarka pengalamanku, aplikasi ini sangat membantu banget.

10 comments:

dudukpalingdepan said...

Pernah download ini tapi uninstall lagi karena menurut saya kalau mau ngedraft dari hp bisa langsung via google chrome android. Terus kalau dari browser bisa sekalian bw ^^

lia selviana said...

kalo nulis di browser gitu agak susah menurut aku, kecuali kalo mau bw krn gak nulis panjang, ngerasa lebih praktis pake app ini aja sih kalo aku mbak. hehe
Kalo pake browser kadang juga lemot pas internet gak lancar. huhu

Dyn said...

Dulu aku pernah coba apps Blogger ini tapi UI nya masih nggak user-friendly, akhirnya nggak pernah coba lagi deh :(

lia selviana said...

kok aku ngerasa terbantu banget ya, suka aja nulis pake app ini ๐Ÿ˜€

Delonix Vanesta said...

eh seriuss? aku baru tahu ada apk blogger di playstore, seumur dari tahun 2010 baru tahu. ketinggalan jaman ini aku, terlalu sering keluyuran di wordpress

lia selviana said...

iya ada ๐Ÿ˜€

Maitra Tara said...

Dulu aku pertama2 ngeblog pakai aplikasi. Lama kelamaan males dan lebih suka lewat browser.Itu app gak diupgrade2, jadi bosan sendiri๐Ÿคฃ

lia selviana said...

nah itu kekurangan dr aplikasi ini, gak diupgrade2

Siti Faridah said...

Pernah install aplikasi blogger di handphone tapi aku nggak begitu suka. Lebih suka buka blogger lewat Google Chrome karena lebih mudah dan cepat.

lia selviana said...

oh gitu ya, kalo aku pake browser pas internet gak lancar malah jadi lambat, tapi pake app ini ttp bisa kebuka ๐Ÿ˜€