Cute White Flying Butterfly Lia Selviana: Membuat Kolak Waluh Campur Pisang

September 24, 2019

Membuat Kolak Waluh Campur Pisang

Pertama kali membuat kolak waluh campur pisang aku salah cara, kesusahan mengupas kulit waluh yang ternyata tebal banget. Tak patah semangat, aku mencoba bikin untuk yang kedua kalinya, yeay berhasil dan cara mengupas waluh nya lebih mudah.
Membuat Kolak Waluh Campur Pisang

Waluh ini mungkin tiap daerah punya nama beda-beda ya, aku lihat di YouTube ada yang bilang ini labu kuning, tapi kalau di tempatku namanya waluh.



Baca Juga: Membuat Kacang Telur Garuda
Oke langsung aja!

Bahan-bahan:
Membuat Kolak Waluh Campur Pisang

- Waluh
- Pisang kepok
- Gula merah
- Garam secukupnya
- Gula pasir (boleh tidak pakai)
- Daun pandan
- Santan
- Air
- kayaknya sih udah ya ini aja, soalnya bikinnya udah agak lama, jadi udah lupa. wkwk

Cara membuatnya:
1. Masak air dan potong waluh menjadi beberapa bagian, lalu rebus waluh tersebut setengah matang. Lalu baru kupas kulitnya dan potong waluh jadi kecil-kecil sesuai selera.
2. Kupas pisang dan iris sesuai selera.
Membuat Kolak Waluh Campur Pisang

3. Rebus air dan masukkan daun pandan, tunggu mendidih lalu masukkan potongan waluh, kalau udah agak empuk masukkan pisang, disusul dengan gula merah, gula pasir dan garam sedikit aja.
4. Masukkan santan dan aduk sampai mendidih.
5. Icip-icip, kalau udah pas angkat dan siap disantap. Kalau aku lebih suka dingin, jadi tunggu panasnya ilang lalu masukin ke lemari es dulu baru dimakan.

Selamat mencoba!

2 comments:

Rey - reyneraea.com said...

Kalau saya kemaren bikinnya pakai pisang aja, biasanya selama ini pisangnya direbus dulu pakai kulitnya, ternyata dimasak langsung gitu enak juga ya :)

lia selviana said...

kalo mau di bikin kolak langsung direbus tanpa kulit lebih lejaat bunda, tp klo mau dimakan pisang rebus aja gitu mending emang sama kulitnya juga. 😀