Cute White Flying Butterfly Lia Selviana: Camping di Bumi Perkemahan Cai Ranca Upas

February 16, 2022

Camping di Bumi Perkemahan Cai Ranca Upas

Ini cerita beberapa tahun yang lalu, tapi kebetulan lagi kangen banget sama Bandung, jadi sengaja buka foto-foto pas masih di Bandung, dan nemu foto pas lagi camping di Ranca Upas. Jadi pengin nulis ceritanya, biar kapan-kapan bisa dibaca lagi.

Waktu itu bulan Maret tahun 2018, aku naik motor dari Bandung ke Ciwidey, jalanan Bandung sebelah mana sih yang nggak macet? hehe alias aku kena macet terus sepanjang perjalanan. Akhirnya milih lewat jalan-jalan kecil, waktu itu pake Google Map versi naik sepeda, jadi beneran dikasih jalan kecil-kecil, jadi nggak kena macet, namun ya sama aja lama karena nggak bisa ngebut.

Aku sampai di Ranca Upas jam 12 an siang, berangkatnya jam 9 nan pagi. Alhamdulillah nggak panas, tapi malah gerimis. Sempat bingung juga nanti gimana campingnya kalau gerimis kan susah juga. Namun ternyata aman, pas camping nggak hujan ataupun gerimis.

Sampai di sana aku nyewa tenda harganya 50 ribu, tenda kecil muat dua orang. Untuk matras dan sleeping bag aku bawa sendiri jadi cuma nyewa tendanya aja. Setelah naruh motor ditempat parkir, aku langsung nyari-nyari tempat untuk mendirikan tenda yang view nya jos. Ternyata setelah muter kesana-kemari malah jadi bingung, karena menurut aku semua bagus.

(foto ini aku ambil dr tenda, dan didepan bangunan itulah posisi danaunya)

Akhirnya aku nyari di Instagram foto orang-orang yang camping di Ranca Upas biasa diriin tenda di mana, nah nemu foto bagus di sebelah danau gitu, akhirnya aku nyari danau tersebut dan diriin tenda di dekatnya. Meski danaunya lagi nggak sebagus di foto orang tapi tetap syahdu.

Ternyata yang mendirikan tenda disekitar danau tersebut juga banyak, jadi aku nggak khawatir kalau malam tiba. Dan kebetulan waktu itu lagi ada club motor gitu lagi ngadain acara di sana juga. Ada dangdut dan banyak paman-paman yang jualan di sana. Jadi campingnya berasa kayak lihat pasar malam, ramai banget. Namun tendaku agak jauh dari panggung mereka, jadi tidur malam tetap nyaman. Ranca Upas tuh luas banget ya, jadi banyak spot buat diriin tendanya.

Baca juga: Main ke Tangkuban Perahu? Jangan Lupa Mampir ke Kawah Domas

Selain itu yang deket banget dengan tendaku ternyata juga ada Sahabat Noah Bandung yang lagi ngadain acara di sana juga. Semalaman mereka nyanyi-nyanyi dan muter lagu-lagu Peterpan-Noah. Kebetulan aku juga suka Noah jadi kebayang dong betapa beruntungnya aku saat itu. Mereka juga ngadain acara api unggun gitu, seru banget kayaknya. Pengin gabung tapi malu euy karena udah merasa tua, mereka masih anak-anak SMA-kuliahan gitu. wkwk

Pagi-paginya aku jalan-jalan lihat sunrise dan rusa. Ngambil foto banyak banget tapi belum mandi jadinya kumut-kumut gitu. Sumpah indah banget, sepanjang mata memandang semuanya hijau, seger banget. Rasanya camping semalam aja kurang, tapi dinginnya nggak nahan. Waktu itu pas tengah malam suhunya sampai 13 derajat. Aku yang biasanya tidur pakai kipas angin jadi syok.

(pagi-pagi lihat sunrise)

Aku nggak tau sih ya kalau misal nggak ada acara club motor sama acara sahabat Noah itu bakal seramai itu apa enggak yang camping. Dan kayaknya serem juga sih kalau misal nggak ramai. Untungnya aku barengan sama acara-acara itu, jadi di sana beneran ramai, mau jalan kemana-mana banyak tenda dan ada orang, jadi nggak takut pas malam.

Baca juga: Main Seru di Benteng Van Den Bosch Ngawi

Seperti orang-orang camping pada umumnya, aku juga masak indomie dan roti bakar di depan tenda. Mereka yang camping bukan hanya bujang-bujang aja ya, aku lihat ada mereka sekeluarga juga camping, pakai tenda yang besar kayak tenda pramuka gitu, ada juga anak kecil 3 tahunan sama ayah ibunya, ada geng cowok-cowok juga gitu. Semua kalangan kayaknya ada.

Dan waktu itu aku juga lihat ada model yang lagi foto-foto di sana, pagi-pagi udah dandan cantik pakai gaun mewah, kayaknya sih bukan prewed, karena gaada pasangannya. Di sana banyak banget spot foto, semua bagus.

Kalau nggak bawa makanan juga banyak warung-warung sampai malam, terus ada mushola yang lumayan gede juga, terus kamar mandi di berbagai sudut juga ada, tempat parkir juga aman, ada penjaganya, jadi nggak perlu khawatir.

(tenda sewaan)

Kalau nggak bawa peralatan camping juga bisa nyewa, nanti pas pintu masuk gitu udah ada penjaga yang siap ngasih tau segalanya. Pokoknya cocok banget buat camping. Untuk tiket masuknya 25 ribu per orang kalau nggak salah, udah lupa.

Oh ya disana juga ada wahana permainan, yang aku lihat itu ada flying fox sama jembatan goyang, mungkin ada banyak lagi lainnya, aku nggak nyari infonya sih waktu itu, karena nggak mau main juga. Pokoknya kalau ke Bandung bisa banget cobain camping di Ranca Upas ini, nggak bakal nyesel.

No comments: